Pengertian dan Jenis-Jenis Observasi


Pengertian dan Jenis-JenisObservasi - Observasi adalah pengamatan langsung suatu kegiatan yang sedang dilakukan. Pada waktu melakukan observasi, analis sistem dapat ikut juga berpartisipasi atau hanya mengamati saja orang-orang yang sedang melakukan suatu kegiatan tertentu yang diobservasi.

ObservasiSystematic
Biasa disebut juga observasi terstruktur yaitu obsevasi dimana terdapat kerangka yang memuat faktor-faktor dan ciri-ciri khusus dari setiap faktor yang diamati. Dalam observasi sistematik isi dan luasnya observasi lebih terbatas yang disesuaikan dengan tujuan observasi biasanya telah dirumuskan pada awal penyusunan rancangan observasi, respon dan peristiwa yang diamati dapat dicatat secara lebih teliti, dan mungkin dikuantifikasikan.

ObservasiUnsystematic
Dilakukan tanpa adanya persiapan yang sistematis atau terencana tentang apa yang  akan diobservasi, karena peneliti tidak tahu secara pasti apa yang akan diamati. Dalam observasi ini, observer membuat rancangan observasi namun tidak digunakan secara baku seperti dalam observasi sistematik, artinya observer dapat mengubah objek observasi berdasarkan situasi lapangan

Observasi Eksperimental
Observasi eksperimental adalah observasi yang dilakukan dengan cara mengendalikan unsur-unsur penting ke dalam situasi sedemikian rupa, untuk mengetahui apakah perilaku yang muncul benar-benar disebabkan oleh faktor yang telah dikendalikan sebelumnya.

Observasi Natural
Observasi yang dilakukan pada lingkungan alamiah subjek, tanpa adanya upaya untuk melakukan control atau direncanakan manipulasi terhadap perilaku subjek

Observasi Partisipan
Orang yang mengadakan observasi turut ambil bagian dalam kehidupan orang-orang yang diobservasi. Umumnya untuk penelitian yang bersifat eksploratif. Menyelidiki perilaku individu dalam situasi sosial seperti cara hidup, hubungan sosial dalam pabrik-penjara dll

Observasi non Partisipan
Observasi non partisipan adalah metode observasi dimana observer tidak ambil bagian dalam peri kehidupan Observee.

Observasi Unobtrusive biasa disebut sebagai Unobtrusive measures
Un obtrusive methods – non reactive methods merupakan observasi yang tidak mengubah perilaku natural subjek. Dapat dilakukan dengan alat ataupun menyembunyikan identitas sebagai observer.

Observasi Formal
Ciri dari observasi formal mempunyai sifat terstruktur yang tinggi, terkontrol dan biasanya untuk penelitian. Dalam observasi formal, definisi observasi ditetapkan secara hati-hati, data disusun sedemikian rupa, observer dilatih secara khusus, dan reliabilitas antara pun sangatdijaga. Pencatatan-analisis-interpretasi menggunakan prosedur yang sophisticated.

Observasi Informal
Sementara observasi informal mempunyai sifat yang lebih longgar dalam hal kontrol, elaborasi, sifat terstruktur, dan biasanya untuk perencanaan pengajaran dan pelaksanaan program harian. Lebih mudah dan lebih berpeluang untuk digunakan pada berbagai keadaan. Observasi informal sering disebut juga naturalistic observation.

Demikianlah Pengertiandan Jenis-Jenis Observasi, yang dapat saya berikan, sekian dan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar