Pengertian Etnografi

Pengertian Etnografi

Pengertian Etnografi - Etnografi adalah suatu deskripsi dan analisa tentang suatu masyarakat didasarkan pada penelitian lapangan sebagai data dalam penelitian, etnografi menyajikan data-data yang bersifat hakiki untuk semua penelitian antropologi budaya.

Etnografi adalah salah satu metode kualitatif yang tertua dari riset social. Metode ini sangat tepat untuk meneliti masalah budaya, dan biasanya selalu terpilih sebagai metode penelitian antropologi. Etnografi juga merupakan pendekatan kualitatif riset popular yang berfokus pada kultur/budaya. Selain sangat penting dalam penelitian antropologi, maka etnografi juga sesuai untuk penelitian keperawatan karena keperawatan berhubungan dengan manusia dan kulturnya.

Etnografi merupakan kegiatan riset yang harus dilakukan melalui pendekatan yang alamiah. Peneliti harus mengadopsi perilaku yang respek atau menghargai dunia social. Ada dua dasar yang dapat dipakai dalam mengumpulkan data etnografi yaitu interpretivism dan interactionism.
Interpretivism
Diperkenalkan sekitar tahun 1930-1940 sebagai reaksi terhadap empiris logical dan instrumental rasional dan sebagai pendekatan yang menyertai fenomenologi. Menurut Schutz (1967) pendekatan ini berfokus pada pengetahuan umum tentang berbagai masalah manusia. Selain itu, pendekatan interpretif fenomenologi mencari dan mengenal diri dan kehidupan social dalam kelompok (Strathern, 1981).
Symbolic interactionism
Adalah pendekatan teoritis kedua yang menurut Blumer, (1969) mempunyai tiga maksud yaitu (1)seseorang bereaksi ke arah objek dan berdasarkan pada arti dari objek itu terhadap dirinya, (2) Arti tersebut berasal dari hasil interaksi misalnya komunikasi, dan (3) Arti dibangun melalui proses interpretif.

Demikianlah Pengertian Etnografi, yang dapat saya berikan, sekian dan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar