Pengertian Wawancara

Pengertian Wawancara - Wawancara (interview) telah diakui sebagai teknik pengumpulan data/fakta (fact finding) dan banyak dilakukan dalam pengembangan sistem informasi. Wawancara adalah salah satu teknik pengumpulan data secara tatap muka langsung dimana pewawancara (interviewer) secara interaktif melakukan tanya jawab dengan orang yang diwawancarai (interview). Menurut Prof.Dr.Jogiyanto HM, MBA, Akt (2005:617).

Menurut Drs. Subiyanto Ibnu,Akt (1996:66) pengertian wawancara adalah sebagai berikut: “Wawancara (interview) dapat dilakukan dengan tatap muka secara langsung (personal interview) dan secara tidak langsung (dilakukan melalui telepon)”.

Jadi wawancara adalah teknik pengumpulan data/fakta yang dilakukan dengan tatap muka secara langsung (personal interview) dan secara tidak langsung (dilakukan melalui telepon). Kebaikan dari kedua cara ini adalah jaminan bahwa peneliti memperoleh informasi selengkap mungkin dan setepat yang diinginkan. Adapun kelemahan wawancara yaitu membutuhkan tenaga yang sangat banyak, sehingga biayanya sangat besar, kelemahan berikutnya pewawancara dianggap orang asing, sehingga responden belum tentu dapat diajak kerja sama.


Demikianlah Pengertian wawancara, yang dapat saya berikan, sekian dan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar